Belajar Analisa Kompetitor Kita Yuk

Advertisement
Belajar Analisa Kompetitor Kita Yuk. Lagi-lagi belajar, yup memang harus terus membahas kata tersebut karena bagaimana pun juga manusia tidak luput dan wajib dalam pembelajaran, iseng saya kepikiran sedikit mengulas masalah bagaimana kita bisa analisa lawan tanding kita dalam keyword yang kita incar, ya entah itu dalam kontes seo ataupun persaingan dalam promosi bisnis. Mungkin hal ini sangat standart dan tertuju sekali untuk pemula, karena untuk para jagoan seo hal ini sudah sangat biasa kali yah pasti sering sekali digunakan, misal dalam saingan keyword mengembalikan jati diri bangsa, hmmm sudah banyak mungkin yang mencoba hal ini. Singkat saja lah tanpa panjang lebar mari kita belajar meganalisis kompetitor kita.

Kadang kita suka penasaran pasti bagaimana blog kompetitor kita bisa melaju dengan mulus kehalaman utama, hal ini lepas dari pencarian backlink berkualitas loh kita bermain di dalam page si kompetitor kita. Bagi yang biasa menggunakan browser mozilla tentu sudah mengenal dengan yang nama nya page source, sebuah fasilitas bawaan untuk melihat kode-kode yang ada di dalam halaman web, nah fasilitas tersebut yang akan kita gunakan untuk belajar analisa kompetitor kita kali ini, tinggal klik kanan pada halaman web sang kompetitor kita dan pilih option page source selanjutnya jreeeenngggg.......jreeeeeennnnngg terbuka lah sebuah jendala baru berisi kumpulan kode yang membuat pusing.

Dalam hal belajar meng-analisa disini kita tidak perlu melihat semua page source kompetitor kita yang kita perlukan hanya beberapa saja, nah berikut saya paparkan point-point nya yang perlu kita amati dalam source code tersebut.

1. TITLE Tag atu judul halaman
2. Headline tags kode H1,H2
3. META Description dan META keywords tag, meski sebagian besar search engine tidak menggunakan tag META, tapi sejumlah search engine lain masih menggunakannya, jadi masih ada alasan untuk kita bermain-main riang dengan META tag
4. Amati penggunaan ALT tag pada setiap gambar/image yang digunakan oleh kompetitor kita.

Hmmm, 4 point tersebut lah yang terkadang saya pakai untuk mengamati laju sang kompetitor, yaa walau tidak membantu banyak tapi cukup lah untuk menambah ilmu belajar seo kita. Setelah kita analisa hal tersebut langkah selanjutnya kita usahakan mencari tahu berapa banyak backlink yang didapat oleh web kompetitor kita tersebut dan tentu nya membutuhkan beberapa bantuan, bantuan melihat banyak nya backlink bisa kita lihat di beberapa alamat web berikut.

http://www.marketleap.com/publinkpop/
http://siteexplorer.search.yahoo.com/
http://webconfs.com/anchor-text-analysis.php
http://www.linkdiagnosis.com/
http://www.compete.com/

Yup mungkin itu saja yang dapat saya paparkan dalam artikel belajar analisa kompetitor anda, standart sekali yah? Maklum lah dari seorang pemula dan untuk pemula juga tentunya. Semoga dapat membantu anda bereksperimen lebih jauh tentang SEO, selamat mencoba.
Advertisement