Google Lepas Sensor Pencarian di China

Advertisement
Google Lepas Sensor Pencarian di China. Mumpung masih hangat kisah tentang google dan cina ini dimana disinyalir raksasa mesin pencari tersebut telah hengkang dari china karena permasalahan pembatasan konten dalam pencarian, namun tidak begitu saja sang mesin pencari melepas keuntungan yang didapatnya disana dengan taktik memindahkan servernya ke hongkong google kembali kebanjiran traffic pada pencarian yang tidak disensor atau termasuk terlarang di china. Hihi hebat juga yah google taktik bisnis nya dengan memindahkan servernya ke Google Hong Kong sehingga para pengguna internet di china dapat mengakses dengan bebas nya kontes lewat mesin pencari terbesar itu.

google verus china

Memang cukup banyak konten yang di block atau di larang oleh pemerintah china apalagi konten yang sensitif, tapi karena google telah menggunakan servernya yang ada di hongkong secara tidak langsung telah melepas atau membebaskan para pengguna untuk mengetikkan apapun di pencarian google tersebut. Disinyalir traffic pencarian melonjak sebesar 10 kali lebih banyak sejak Google tidak lagi menuruti aturan pemerintah China untuk menyensor hasil pencarian.

Di kutip dari Telegraph hari ini, pencarian menggunakan kata 'Tiananmen', 'Falun Gong', dan 'korupsi' langsung meningkat, jika di jabarkan menggunakan Google Trends maka bisa di lihat sebagai berikut :

1. Kata kunci Tiananmen sebanyak 2,5 juta pencarian
2. Kata kunci Falun Gong sebanyak 4,7 juta hasil pencarian

Itu hanya sebagian saja yang menjadi trend pencarian di google china selebihnya mencoba melakukan pencarian untuk informasi tentang perseteruan Google dengan pemerintah china. Dan ternyata langkah mesin pencari terbesar di dunia tersebut mendapatkan dukungan dari kelompok aktivis Hak Asasi Manusia (HAM)dan yang pasti juga menimbulkan kemarahan besar pemerintah china akibat telah melepas sensor.

Hehe, nampaknya semakin seru saja yah konflik ini sebuah negara besar melawan perusahaan mesin pencari terbesar di dunia. Entah deh bagaimana kelanjutannya nanti kita lihat saja lagi nanti jika ada kabar terbaru nya. Belajar SEO.

Reff : okezone.com
Advertisement