Hari Ini WIB

Belajar Metode Dasar Hacking

Updated at: Thursday, March 26, 2009.
Under Category : Internet,Sharing
Vulnerability.
Setelah pada postingan saya yang lalu membahas tentang pengenalan hacker kali ini kita akan belajar metode dasar Hacking yang biasa dipakai oleh para hacker dalam menjalankan sebuah misi. Untuk melakukan proses hacking, anda perlu mengetahui dasar atau fundamental hacking itu sendiri. Yang perlu diketahui bahwa tidak dielakkan lagi sebagian besar proses dasar hacking terjadi karena seorang hacker berhasil memanfaatkan celah keamanan dari sebuah system.

Kelemahan atau yang lebih gaul nya dikenal dengan "vulnerability" ini, menimbulkan berbagai macam ancaman terhadap system. Bentuk-bentuk ancaman tersebut sangat lah bervariasi dan banyak, tentunya tidak luput juga membuat para system administrator menjadi PARNO atau Paranoid. Saya akan jelaskan sedikit tentang metode dasar hacking yang sering dipakai oleh para hacker, check this out.

1. Metode Dasar Serangan Pada Password (Brute Force Attack)
Login adalah pintu utama untuk memasuki sebuah system yang ada, karena itu udah sangat seharusnya pemilik sebuah system membuat sebuah Key atau Kunci yang cukup Unik untuk membuka nya. Jika kunci yang digunakan tidak bervariatif atau Unik maka pintu yang sangat vital sangatlah mudah untuk ditembus dengan cara menebak-nebak atau menggunakan metode dasar Brute Force Attack(Menembak Password secara Brutal dengan kombinasi).

2. Metode Dasar Social Enginering.
Metode menyusupi system dengan memanfaatkan faktor psikologis sang korban kadangkala memerlukan sebuah keahlian teknis. Contohnya metode social enginering sering kali dapat secara mudah anda lihat pada kehidupan sehari-hari. Pernahkah anda mendapatkan Email atau SMS/Telepon yang menyatakan bahwa anda menjadi pemenang sebuah undian? dan karena memenangkan undian tersebut anda harus memberikan data atau information yang bersifat Confidential? Jika pernah anda harus mewaspadai nya, karena bisa jadi seorang hacker sedang mencari mangsa dengan metode dasar hacking social enginering.

Metode Social enginering juga sering kali dilakukan hacker dengan teknik phising di internet, seperti melakukan modifikasi link atau websites.

3. Metode Dasar Man In The Middle.
Kita langsung pada gambaran tentang metode Man In The Middle. Ada 2 orang sedang Asyik berkomunikasi ria bertukar information melalui sebuah jalur, tak disangka oleh keduanya ada seorang hacker telah mencegat pesan yang lewat. Kemudian hacker tersebut dapat membaca dan memodifikasi plus mengirimkan kembali pesan yang telah berubah kepada sang korban. Nah contoh metode hacking diatas dapat kita sebut Man In The Middle.

4. Metode Dasar Sniffing.
Metode Hacking dasar ini hampir serupa atau mirip dengan metode hacking yang Man In The Middle. Metode Sniffing berarti mengambil paket data yang lewat. Hanya saja sniffing bersikap pasif dan tidak melakukan modifikasi terhadap paket tersebut, melainkan mengambil paket tersebut kemudian sang hacker akan belajar menganalisis paket tersebut.

5. Metode Dasar Web Defacement.
Pada serangan dasar metode Hacking ini umumnya tidak berbahaya, hanya mengubah tampilan web saja.Tetapi tetap tergolong sebagai tindakan merusak (vandalisme). Metode Web Defacement sering kali dilatar belakangi oleh kepentingan politik atau agama. Waahh, sebentar lagi pemilu neh hati-hati banyak hacker.
takbole

Masih banyak dasar metode hacking lainnya yang tidak saya sebutkan di artikel ini seperti DDoS(Distributed Denial of Service), Trojan, Malware, Spoofing, Session Hijack, Injection dan masih banyak lainnya.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel Belajar Metode Dasar Hacking ini dapat menjadikan suatu tambahan pengetahuan anda tentang ilmu dasar hacking dan dapat mengetahui metode yang dipakai dalam ilmu hacking.

Regards.

Belajar Metode Dasar Hacking
"Belajar Metode Dasar Hacking" Di Posting oleh blog , Thursday, March 26, 2009, pukul Thursday, March 26, 2009 dalam topik Internet, Sharing dan permalink http://aalil.blogspot.com/2009/03/belajar-metode-dasar-hacking.html. 5.15.

Comments :