Trick Dasar Pencarian Kata

Advertisement
Pencarian Kata Google
Pasti semua dari anda para Blogger setuju dengan mesin pencari yang paling terpopuler adalah Google. Google mempunyai tampilan yang sangat sederhana sekali, tetapi mengandung kekuatan dan multifungsi. Selain itu juga Google pun hampir menampung semua pencarian perbendaharaan kata dalam berbagai bahasa di dunia. Pencarian dengan search engine merupakan cara yang paling efektif dalam hal mencari information secara online dengan sebuah kata kunci atau keyword.

Sekarang saya disini akan sedikit saja mencoba berbagi dan sekedar mengingatkan saja sambil belajar bersama bagaimana cara atau trick dasar pencarian kata kunci kita bisa efektif dan lebih relevan. Ada beberapa trick yang memang saya bilang cukup standart tapi ada beberapa juga yang sering kita lupakan dalam hal mencari sebuah keyword. Langsung saja pada penjelasan sederhana nya.

1. Trick Pencarian Kata Sederhana.
Pencarian model ini pasti sangat familiar untuk kita semua, yaitu dengan cara menggunakan satu suku kata atau lebih tanpa menggunakan sebuah karakter kata kunci tertentu. Nah contoh nya seperti "Belajar dan Berbagi"(tanpa tanda kutip) atau apalah yang lazim lain nya.

2. Trick Pencarian Menggunakan Karakter.
Sebenarnya Google mendukung pencarian dasar dengan kata kunci operator Boolean "AND", jika anda tuliskan pada mesin pencari google maka operator "AND" diwakili oleh sebuah karakter [+]. Dengan pencarian dasar menggunakan trick karakter ini google akan secara otomatis mencari setiap kata yang sesuai dengan operator Boolean "AND". Misal seperti kata "dan" atau "how" nah trick pencarian dasar dengan kata tersebut harus anda hindari, mengapa demikian? ya karena kata tersebut terlalu mendasar. Ada trick untuk mambatasi kata-kata yang terlalu umum tersebut, anda dapat menambahkan karakter [+] pada awal kata atau kalimat tersebut seperti "+belajar dan berbagi"(tanpa tanda kutip).

Selain menggunakan trick dasar karakter [+] anda juga dapat melakukan trick dasar pencarian kata lewat google dengan karakter [-]. Maksud tanda [-] ini digunakan untuk mencari sinonim dari kata kunci yang ada dibelakang nya. Misalkan "elkav-antivirus".

3. Trick Pencarian Kalimat.
Jika anda menginginkan pencarian Information menggunakan kata kunci yang berbentuk kalimat sederhana atau lengkap cobalah sebuah trick dasar dengan menambahkan tanda petik ["] pada awal kalimat dan akhir kalimat yang ingin anda cari, Misalkan "algoritma virus". Dengan trick pencarian dasar ini google akan melakukan pencarian dokumen yang mengandung keseluruhan kata pada kalimat tersebut.

4. Trick Mencocokkan Pencarian.
Yang terakhir, jika anda menggunakan kata kunci yang berbentuk frase dan memuat 2 atau lebih information yang berbeda, anda dapat menggunakan trick pencarian menggunakan tanda petik dua, misalkan seperti [Blog "belajar berbagi"]. Maka pencarian dengan dua frase tadi hanya akan menghasilkan kata yang cocok pada 2 frase tersebut.

Yup selesai jugatepuktangan, sekarang silahkan di coba satu-persatu trick dasar tersebut, semoga dengan trick dasar pencarian kata yang cukup terbilang basi ini bisa mengingatkan kita dalam hal pencarian kata kunci atau keyword blog kita sendiri agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan relevan.

Regardssembah
Advertisement