Operator Advance Pada Google

Advertisement
Setelah kemarin kita belajar mengenai trick dasar pencarian kata di google nah pada tutorial saya yang sekarang kita akan belajar mengenal operator advance yang ada di google. Operator Advance/Operator Tingkat Lanjut mempunyai fungsi meningkatkan performa dan efisiensi query pencarian, pencarian Information yang anda inginkan akan lebih valid dan yang pasti tepat pada sasaran ketika satu atau beberapa operator digunakan.

Ada beberapa operator tingkat lanjut(operator advance) yang dapat anda gunakan seperti, Intitle, allintitle, Inurl, allinurl, filetype, allintext, Site, Link, Inanchor, Daterange, Cache, Info, Related, dan yang lainya. Pada tutorial Operator Advance ini saya akan berbagi tentang beberapa Sintaks Operator dan cara penggunaan nya.

Sintaks Operator
Untuk menggunakan operator tingkat lanjut/advance ini anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Tidak perlu menggunakan spasi antara operator, titik dua, dan kata sesudahnya.
2. Anda dapat mencari Information dengan menggunakan sebuah "kata tunggal" atau "kalimat" dengan menghilangkan spasi antar operator dan titik dua.
3. Operator Boolean dan karakter tertentu , misal [OR] atau [+] hanya dapat diaplikasi kan untuk query operator advance.
4. Operator Advance dapat menggabungkan query tunggal dengan catatan menggunakan query dasar google, seperti sintaks operator advance.
5. Operator [ALL] hanya dapat digunakan sekali saja pada tiap-tiap query dan tidak dapat dikombinasikan.

Ada beberapa contoh query yang menggunakan operator advance seperti berikut.

1. intitle:berbagi
Query ini berfungsi mencari halaman web atau blog yang memiliki kata berbagi pada judulnya.

2. intitle:"index of"
Query ini mempuyai fungsi untuk kembali ke halaman yang mempunyai indeks frase(ungkapan) seperti pada judul.

3. intitle:"index of" antivirus
Query ini berfungsi untuk kembali ke halaman yang mempunyai indeks frase dari judul tersebut dan mempunyai kata "antivirus" disetiap halamannya termasuk URL, Judul dan Teks. Pemakaian [intitle] diperuntukkan pada frase [index of] bukan pada kata "antivirus", coba anda perhatikan akan terdapat spasi yang berada di posisi frase [index of].

Google akan mengartikan bahwa spasi tersebut merupakan akhir(end) dari operator advance untuk melanjutkan proses dari query.

4. intitle:"index of""backup files"
Query ini berfungsi untuk kembali ke halaman web atau blog yang mempunyai frase [index of] yang terdapat pada judul termasuk pada URL dan Teks. Pemakaian [intitle] hanya dapat anda gunakan untuk frase [index of].

Nah gimana pada pusing gak? hehehe, saya juga pusingsengihnampakgigi. Setelah anda baca tutorial tentang Operator Advance ini yow monggo anda coba masing-masing cara penggunaan operator advance tersebut.

Semoga tutorial tentang operator advance pada google ini dapat berguna bagi sobat blogger semua.

Next tutorial, Mengenal lebih jauh tentang Operator Advance Google.
Advertisement