Belajar Mengenal Metodologi Hacking

Advertisement
Setelah kemarin postingan saya memperkenalkan beberapa metode dasar/vulnerabilty yang biasa digunakan oleh para hacker Kembali lagi kita akan belajar mengenal tentang beberapa metodologi hacking. Dalam Metodologi ini terdapat beberapa langkah umum yang biasa dilakukan hacker dalam kegiatan hacking nya, walaupun langkah-langkah ini bukan merupakan langkah yang harus atau selalu di ikuti oleh hacker tetapi umumnya selalu menjadi acuan dasar dalam aksi hacking.

Ada 8 point yang akan saya jelaskan sedikit disini ya mungkin hanya 4 point terlebih dahulu saja yang saya akan tulis.Yuk ah kita langsung pada tutorial belajar mengenal apa sih metodologi yang biasa menjadi acuan para hacker dalam melakukan tindakan hacking ini.

1. Discovery/Reconnaissance.
Metodologi Reconnaissance atau juga lebih dikenal dalam ilmu hacking dengan nama footprinting yang bertujuan untuk mendapatkan information awal seperti, IP, DNS Server, Domain, Tabel Routing, Sistem Operasi, dan lain sebagainya.

2. Scanning.
Setelah hacker mengenal sistem secara keseluruhan maka hacker akan memulai mencari jalur untuk menyusup atau yang lebih dikenal dalam dunia hacking dengan nama metodologi Scanning. Jalur tersebut bernama PORT, dan port yang biasa digunakan oleh sistem misalkan port 80 untuk HTTP, port 21 untuk FTP, port 1433 untuk microsoft SQL Server, port 3389 untuk Terminal Services dan lain-lain.

3. Enumeration.
Enumeration, dalam ilmu hacking metodologi ini merupakan langkah lanjutan untuk mengambil information yang lebih mendetail lagi. Information tersebut dapat berupa user-user, sharing, folder, service yang berjalan termasuk dengan versinya(seringkali mengandung kelemahan yang sering dieksploitasi oleh hacker), dan lain sebagainya.

4. Penetration.
Pada tahap Metodologi Penetration seorang hacker mengambil alih sistem setelah memperoleh information-information yang dibutuhkan. Bisa saja hacker masuk tanpa hak administrator tetapi mampu menyerang resource sehingga akhirnya sang hacker mendapatkan akses administrator.

Nah, kira-kira sampai disini dulu kita belajar mengenal metodologi hacking bagian pertama, mudah-mudahan dilain kesempatan kita akan belajar kembali mengenal metodologi hacking bagian yang ke dua dan yang pasti saya akan usahakan setelah bagian ke dua, saya akan membahas lebih dalam beberapa nya saja. Semoga berguna.

aa.LiL - Belajar dan Berbagi Regards.
Advertisement