Belajar Mengenal Operator Allintitle

Advertisement
Pada postingan saya yang sebelum nya saya pernah berbagi tentang penggunaan operator advance yang bisa kita gunakan pada pencarian menggunakan google. Operator advance google merupakan teknologi canggih di bidang web programming akan tetapi sayang nya tidak semua operator dapat kita gunakan setiap saat. Hmmm, kenapa ya? saya juga tidak tau kenapa, coba ditanya pada Mbah Google.

Kesempatan kali ini saya akan mengajak anda semua belajar bersama tentang penggunaan operator advance lebih dalam lagi. Yang saya akan bahas kali ini adalah penggunaan operator allintitle atau pencarian judul dalam satu halaman web. Yuk mari kita sama-sama belajar penggunaan operator allintitle nya, disimak ya.

Teknik pencarian title atau judul halaman pada web/blog dapat anda temukan dengan menggunakan tag Title dari dokumen HTML. Sudah kita ketahui bersama title ini akan kita temukan pada bagian atas browser ketika halaman web/blog tampil. Ketika menggunakan Intitle, sintaks query string dapat anda temukan setelah kata atau juga ungkapan diikuti oleh kata Intitle disetiap ungkapan yang akan anda cari.

Nah sedangkan untuk operator allintitle berfungsi untuk menginformasikan ke mesin pencari google bahwa setiap kata tunggal atau ungkapan yang diikuti dapat ditemukan dalam judul halaman. Coba anda ketikan pada browser anda seperti ini : Intitle:"Index of""Backup Files", nah anda lihat bagaimana hasil nya. Setelah anda mencoba pada browser pasti yang anda temukan query "Backup Files" tidak ditemukan dalam judul halaman, melainkan anda temukan pada teks yang lain di dokumen karena query "Backup Files" bukanlah judul dokumen yang ditemukan.

Jika anda ingin melakukan hal yang berbeda dari diatas anda dapat memodifikasi query pencarian menjadi seperti berikut : Allintitle:"index of""backup files", pada query ini anda akan menemukan hasil yang tentunya berbeda dari penggunaan intitle:"index of""backup files". Di coba anda pelajari terus menerus agar mendapatkan pengertian yang lebih simple lagi.

Query tersebut bisa anda ubah seperti : Allintitle:"blogger""belajar berbagi" atau apa sajalah yang anda inginkan.

Mudah-mudahan dengan ada nya tutorial belajar mengenal operator allintitle ini dapat sedikit membantu dan berguna bagi anda yang ingin belajar menggunakan operator advance pada pencarian google. Regards.

Advertisement